Senin, 27 Januari 2014

Pengertian Dan Fungsi Layer Pada OSI


Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.


Session adalah sebuah varibel sementara yang diletakkan di server. Di mana PHP bisa mengambil nilai yang tersimpan di server walaupun kita membuka halaman baru. Biasanya session akan hilang jika anda menutup browser.


Lapisan Transport yang terkandung dalam baik TCP / IP model (RFC 1122), [2] yang merupakan dasar dari Internet, dan Open System Interconnection Model (OSI) dari jaringan umum. Definisi dari Transport Layer sedikit berbeda dalam dua model. Artikel ini terutama mengacu pada model TCP / IP, di mana TCP sebagian besar untuk sebuah antarmuka pemrograman aplikasi nyaman untuk host internet, yang bertentangan dengan definisi model OSI dari Transport Layer.


Network adalah jaringan dari system komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih system komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu system. Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lain. Dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain, dapat memberi berita ke komputer yang lain walaupun berlainan area. Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasi kan system informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya.



Physical layer adalah layer OSI yang terletak di paling bawah. Physical layer bertugas mendefinisikan media transmisi jaringan ke media fisik serta membawa sinyal ke layer yang lebih tinggi.
Phyical layer memberikan hal berikut:
1.   Data encoding (bagaimana merepresentasikan binari 1, menerima dan mengelola bit)
2.   Physical medium attachment (mengakomodasi kemungkinan dalam berkomunikasi dengan media tertentu)
3.   Transmission technique (transmisi digital atau analog)
4.   Physical medium transmission (mentransmisikan bits sebagai electrical atau optical signal ke media fisik)



Data link adalah medium tramsmisi antara stasiun-stasiun ketika suatu prosedur data link control dipakai.


Pengertian dan Fungsi Layer pada OSI | referensi OSI Model-, OSI merupakan singkatan dari Open System Interconnection adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Dahulu ketika OSI belum digunakan, perangkat komunikasi yang berasal dari vendor berbeda tidak dapat saling berkomunikasi. Alat komunikasi yang diciptakan oleh IBM tidak dapat berkomunikasi dengan vendor lain. Sehingga dibentuklah standard OSI. tujuan utama dalam penggunaan model OSI adalah untuk membantu designer jaringan memahami fungsi dari tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protocol jaringan dan metode transmisi.


  • Application Layer
Merupakan layer yang berada di posisi palin atas dan gateway juga berada di posisi pertama ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan ciri khas yang membedakan di antara gateway dan router. Layer application adalah penghubung utama antar aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya (gateway). Layer application sendiri berjalan dimana ketika user akan beroperasi pada protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 yang berada pada layer application.


Presentation layer
Merupakan layer keenam pada model referensi OSI layer. Presentation layer berhubungan dengan syntax data yang dipertukarkan diantara aplikasi, dengan tujuan untuk mengatasi perbedaan format penyajian data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar