Jumat, 20 September 2013

CARA SETTING IP ADDRESS,SHARING DATA,MODEM

SETTING IP ADDRESS, SHARING DATA, MODEM(KONEKSI INTERNET), PRINTER

Kali ini saya akan berbagi tutorial sedikt tentang IP dan sharing data pada komputer. Pengertian IP adalah suatu alamat untuk mengetahui bagaimana pc satu dan pc dua untuk saling terkoneksi. Sedangkan sharing berasal dari kata share yang berarti membagi jadi artinya sharing data adalah membagi pakai data file/printer data pada pc satu ke pc lain. Sharing data ini cukup membantu bagi kalian yang mempunya flasdisk yang kecil, mengapa? Karena jika kalian ingin membagi game yang ukuranya besar pasti kalian akan mengirimnya dengan cara setengah-setengah kan. Dengan sharing data lu akan bisa sharing dan lu bisa copy di kompi lu tanpa ribet.
Pertama kita akan setting IP terlebih dahulu caranya masuk ke control panel-Network and internet-network and sharing center-change adapter setting(ada di pojok kiri atas). Kemudian cari local areanetwork, jika belum muncul lambang local area network  maka kamu harus menyolokkan kabel UTP dulu, setelah terlihat klik kanan properties, kemudian Internet Protokol Version 4(TCP/ipv4) dan properties.
Bagi PC 1Pada use the following . IP address isikan IP address: 192.168.2.1(server)  kemudian klik saja subnet mask maka akan otomatis mengisi sendiri, dan satu lagi preffered DNS server isi dengan 192.168.2.1 sesuai server.
Bagi PC 2 sama settingan tapi pada IP address isikan 192.168.2.3knp tiga karena 3 sebagai client dan yang satu sebagai server.  Dan preffered DNS server 192.168.2.1
gambar 1
Setelah IP sudah di setel maka langkah selanjutnya adalah mengeshare folder yang mau di sharing. Caranya masuk Explorer-cari folder yang ingin di share-lalu klik kanan pada folder kemudian-pilih share with-specific people. Lalu ada tampilan tab baru, anda harus memilih everyone seperti gambar dibawah ini.
gambar2
pilihlah everyone supaya folder dapat di sharing disemua PC, setelah itu klik add dan klik Share. Setelah anda klik share pasti akan ada tampilan persetujuan share, klik saja done dan folder kini siap bisa digunakan dibanyak komputer.
Mudahkan.. cara sharing dan pembuatan IP address,,..
o.. iya satu lagi.. buka control panel-network and internet-network and sharing center-change advanced sharing center-turn ON kan semua kecuali password serta enable 128 bit. Ini berlaku di public dan home or work.
gambar3
tidak hanya untuk sharing data saja ini gan, tapi juga bisa sharing modem jaringan internet serta sharing printer. Keren bukan. Mari kita simak caranya..
  • Sharing Modem
Caranya masuk ke kontrol panel-network and internet-network and sharing center-change adaptersetting. Cari mana nama modem yang akan anda share lalu klik kanan properties-klik menu sharing-neri tanda centang semua serta pilih local area network.
gambar4
Lalu klik OK jika sudah selesai.
Penting untuk diperhatikan:

*  Modem harus dalam keadaan disconect dalam settingan ini.
*  Kabel Utp sudah harus konek dengan PC lain yang akan dipergunakan bersama modem. Jika ingin mengetes tersambung atau tidak dengan cara masuk ke CMD dan ketikkanping 192.168.2.X  dan enter, tanda X sesuai nomor PC berapa.

  • SHARING PRITER
Masuk start-divices and printers-klik kanan-printer properties. Kemudian pilih menu sharing dan beri tanda centang serta isikan nama printer yang akan di sharing, jika sudah klik OK
gambar5
Demikianlah tutorial ini saya buat, semoga dapat bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar